Semua Tentang Tips & Trik

Wednesday, October 30, 2013

Meta Tag Penting Yang Harus Dipasang Pada Blog

Sebarkan Artikel di :

Meta Tag Penting Yang Harus Dipasang Pada Blog
Meta Tag Penting Yang Harus Dipasang Pada Blog - Meta tag merupakan susuanan dari beberapa code html yang berada didalam blog, dan berfungsi untuk membantu robot mesin pencari untuk memahami isi dari sebuah blog tersebut, dengan tujuan agar blog tersebut menjadi lebih SEO Friendly dan mendapatkan rangking penideksan di mesin pencari seperti, google, yahoo, bing dan sebagainya.

Dengan berkembangnya komunikasi di internet maka akan ada beberapa perubahan yang di alami oleh kita selaku pengguna internet. Dalam dunia blogging, untuk membangun sebuah blog yang baik kita perlu menata terlebih dahulu di dalam blog tersebut biasanya ini bisa di katakan dengan Optimasi SEO On Page, lalu setelah melakukan optimasi seo on page kita juga perlu melakukan Optimasi SEO Off Page. Kedua hal tersebut sangat berkaitan erat dan akan saling membantu.

Meta tag juga mempengaruhi kualitas blog kita, karena fungsi dari meta tag ini untuk mengoptimalkan blog kita masing-masing, namun dalam pemasangan meta tag kita juga harus memperhatikan terlebih dahulu meta tag apa yang akan kita pasang dan di butuhkan. Jangan sampai salah menggunakan meta tag apalagi jika memasang Meta Tag Beresiko sangat tidak di anjurkan tetapi untuk Meta Tag Yang Lumayan Penting silahkan saja tergantung Anda sendiri, tetapi sebelumnya Anda harus Memahami Meta Tag SEO Friendly.

Langsung saja kita bahas mengenai Meta Tag Penting Yang Harus Dipasang Pada Blog di bawah ini :
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title>Blogspot ID</title>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if> 
<meta content='Blogspot ID adalah Blog yang membagikan tentang Blog SEO, Template, Tutorial, dll' name='description'/>
<meta name='robots' content='noindex, nofollow' />
Ketiga meta tag di atas sangat perlu dan penting untuk Anda pasang pada blog Anda, mari kita bahas satu per satu meta tag di atas.

1. Meta Tag Title

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title>Blogspot ID</title>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if> 


Dengan adanya Title Tag, pengunjung bisa mengetahui secara garis besar tentang informasi yang kita sajikan. Title tag merupakan salah satu bagian terpenting dari beberapa meta tag lainnya karena meta tag title merupakan faktor utama search engine untuk mengukur relevansi dari keywords yang di cari oleh pembaca.

Perlu Anda ketahui bahwa title tag ini hanya dibatasi 70 karakter, jika melebihi 70 karakter maka akan di anggap sebagai Long Title. Long Title atau Judul Panjang sangat tidak cocok untuk nama blog, tetapi sangat cocok untuk judul sebuah artikel, ini dinamakan sebuah Teknik SEO Long Tail Keywords. Google lebih menyukai situs yang memiliki nama pendek atau Short Title, karena selain lebih relevan para pembaca juga mudah mengingan nama blog kita.

2. Meta Tag Description

<meta content='Blogspot ID adalah Blog yang membagikan tentang Blog SEO, Template, Tutorial, dll' name='description'/>

Meta tag ini sangat penting dan di anjurkan untuk di pasang pada blog Anda, karena fungsi dari meta tag description adalah untuk memberikan deskripsi atau gambaran tentang isi suatu blog tersebut kepada search engine agar lebih mudah  di pahami. Meta tag description juga sangat erat kaitannya dengan meta tag title karena keduanya saling memberikan gambaran kepada search engine maupun pembaca blog.

Meta tag description memang sangat penting tetapi jika Anda menggunakan meta tag description ini dengan salah maka google akan mengabaikannya, dan Anda tidak perlu melakukan pengulangan kalimat pada deskripsi blog sehingga kata tersebut menumpuk dan ini bisa dikatakan sebagai salah satu Teknik SEO Blackhat sangat tidak di harapkan oleh google. Jadi meta tag ini harus di pasang sebaik mungkin agar google lebih menyukainya.

3. Meta Tag Robots

<meta name='robots' content='noindex, nofollow' />

Meta tag robots ini berfungsi untuk memblokir robot dari suatu halaman karena sifatnya nofollow dan noindex. Jika Anda memasang tag robots ini menggunakan index dan follow itu sama halnya dengan bohong karena seperti yang sudah saya katakan meta tag robots ini berfungsi untuk memblokir robot dari halaman lain.

Dengan menggunakan Meta Tag Robots berarti Anda melarang robot untuk mengideks blog Anda, begitupun sebaliknya jika Anda tidak menggunakan meta tag ini robot akan mengindeks blog Anda selama tidak ada larangan untuk mengideks blog Anda.

Itulah beberapa Meta Tag Penting Yang Harus Dipasang Pada Blog. Alangkah baiknya Anda bisa memahami mengenai meta tag dan fungsi-fungsinya, selain menggunakan Meta Tag Penting Anda juga di sarankan untuk menggunakan Meta Tag Yang Tidak Terlalu Penting asal Anda tidak menggunakan Meta Tag Beresiko.

Meta Tag Penting Yang Harus Dipasang Pada Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown