Semua Tentang Tips & Trik

Wednesday, October 16, 2013

Memahami Algoritma Hummingbird Google

Sebarkan Artikel di :

Memahami Algoritma Hummingbird Dari Google
Algoritma Hummingbird "Hummingbird Algorithm" adalah algoritma terbaru yang di keluarkan/diluncurkan google. Seperti yang kita ketahui bahwa beberapa pekan ini artikel yang di tulis oleh para blogger mengalami kesulitan dalam pengindexan, apakah kalian tahu mengapa artikel sulit terindex pada pekan-pekan terakhir ini ? Artikel Anda sulit terindex karena  Google telah meluncurkan sebuah algoritma baru yang dinamakan Hummingbird. Dengan adanya algoritma hummingbird tentunya sangat berpengaruh besar, karena mempengaruhi hingga 90% dari hasil pencarian di seluruh dunia, inilah yang menyebabkan statistik/traffic blog/web Anda menurun.

Apa yang dimaksud "Algoritma" ?
Algoritma atau Algoritme merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah, baik dalam istilah matematika maupun komputer keduanya mempunyai arti yang sama.

Apa yang dimakasud "Hummingbird" ?
Hummingbird adalah nama seekor burung yang dalam Bahasa Indonesianya adalah burung Kolibri. Kemudian oleh Google di jadikan sebuah nama Algoritma pencarian terbaru karena burung Kolibri dikenal akan kecepatan dan ketepatannya. Maka dari itu Algoritma Hummingbird dapat di artikan sebagai "cepat dan tepat".

Kapan "Algoritma Hummingbird" di luncurkan ?
Algoritma Hummingbird di luncurkan pada bulan Agustus 2013 dan di publikasikan pada September 2013 lalu. Tepatnya pada tanggal 10 Agustus 2013 setelah hari raya Idul Fitri, saat itulah blog utama saya mengalami penurunan visitor hingga 90% , hingga akhirnya saya putuskan untuk membuat blog baru ini yang diberi nama Blogspot ID dibuat pada tanggal 18 Agustus 2013. Saya pikir dengan menurunnya visitor dikarenakan saya tidak update artikel selama 5 hari. Hingga sampai saat ini blog utama saya Ficri Pebriyana tidak saya urus lagi karena memang benar-benar terhalang oleh Hummingbird.

Bagaimana cara kerja "Algoritma Hummingbird" ?
Google telah merombak pencariannya dengan hummingbird, setiap pertanyaan atau kata kunci yang di tulis pembaca atau konsumen pada search engine google dengan kalimat yang rumit, maka hummingbird ini akan bekerja dengan mencari jawaban yang paling tepat dalam proses pencarianpun sangat cepat. Inilah "Hummingbird" "Cepat dan Tepat". Dalam hal pencarian hummingbird ini lebih mengedepankan perasaan dan memperhatikan setiap kata dalam query yang di tuliskan pembaca lalu diperhitungkan mana yang lebih akurat dan tepat.

Akankan "Hummingbird" mengurangi kualitas SEO ?
Saya rasa tidak, selagi Anda bermain aman dalam hal SEO blog/web Anda akan memiliki traffic seperti biasanya. Akhir-akhir ini Google telah meningkatkan kemampuannya untuk memberikan jawaban langsung atas pertanyaan pencarian Anda. Perbaikan ini merupakan bagian dari algoritma pencarian Google yang baru yang disebut "Hummingbird", yang merupakan update terbesar ke mesin pencari mereka sejak "Update kafein" pada tahun 2009. Untuk jumlah itu, Hummingbird membantu Google memberikan pengetahuan yang lebih relevan untuk pencari, yang berarti pembaruan telah memungkinkan Google untuk lebih memahami isi index dari suatu blog/web.

Apa efek dari adanya "Algoritma Hummingbird" ?
Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa dengan adanya Hummingbird, akan mempengaruhi pencarian di seluruh dunia hingga 90%. Akibatnya traffic blog akan naik turun, tapi tenang saja bagi Anda yang menulis artikel fresh pasti traffic akan tetap stabil.

Bagaimana cara mengatasi "Hummingbird" ?
Belum bisa saya sampaikan mengenai cara yang tepat untuk mengatasi Hummingbird ini. Namun dengan pengalaman saya yang pernah saya alami pada blog utama saya Ficri Pebriyana saat visitor menurun saya mencoba update 1 artikel dengan tujuan agar mendapatkan visitor kembali, ternyata memang benar-benar tidak ada hasilnya, artikel tersebut tidak berpengaruh terhadap penambahan visitor. Beberapa hari kemudian saya diamkan blog tersebut lalu pada 2 minggu kedepan saya mencoba mengganti template blog utama saya, lalu setelah mengganti template saya diamkan lagi selama 2 minggu, setelah itu saya coba update dan menambahkan sedikit hasil 1 hari 100 visitor. Namun cara ini tidak saya katakan berhasil 100% tetapi setidaknya artikel pada blog utama saya bisa kembali terindex di google. Selain cara di atas saya sarankan agar Anda bermain aman dalam hal SEO.

Itulah sedikit pembahasan Memahami Algoritma Hummingbird Google. Saya hanya dapat menjelaskan sedikit apa yang pernah saya alami dengan adanya hummingbird ini. Jika Anda merasa kurang puas dengan artikel ini saya ucapkan mohon maaf.
Semoga Bermanfaat...

Memahami Algoritma Hummingbird Google Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown