Semua Tentang Tips & Trik

Sunday, October 27, 2013

Langkah Awal Mempercepat Loading Blog

Sebarkan Artikel di :

Langkah Awal Mempercepat Loading Blog
Langkah Awal Mempercepat Loading Blog - Loading blog sangat memperngaruhi terhadap visitor/pengunjung blog, karena hal yang paling di rasakan oleh visitor adalah lamanya waktu yang di butuhkan untuk meload blog kita. Semakin cepat loading blog kita semakin senag para pembaca blog kita artinya kita harus saling menguntungkan antara Admin dengan pembaca. Mempercepat Loading Blog harus dilakukan oleh setiap blogger, tetapi ada juga beberapa blogger yang mementingkan keindahan blognya dengan menambahkan beberapa widget dan efek javascript lainnya yang justru malah memperlambat loading blog kita. Seperti Blogspot ID ini yang hanya menampilkan Artikel Populer saja, karena saya lebih memfokuskan terhadap kecepatan loading blog dari pada desain blognya.

Apa Yang Menyebabkan Loading Blog Lama Atau Berat ?
1. Terlalu banyak menggunakan Widget
2. Blog menggunakan embed musik atau video
3. Terlalu banyak menggunakan efek javascript
4. Terlalu banyak menggunakna Widget Animasi
5. Penggunaan gambar yang tidak proposional
Masih banyak penyebab yang menyebabkan loading blog menjadi lama dan berat silahkan Anda baca penjelasan mengenai Penyebab Loading Blog Menjadi Lama.

Lalu Apa Langkah Awal Yang Harus Dilakukan Untuk Mempercepat Loading Blog ?
Langkah awal untuk mempercepat loading blog Anda adalah dengan memahami dan membaca ke 4 point di bawah ini agar blog Anda menjadi ringan dan cepat loadingnya. Tapi sebelum Anda mempraktekan tutorial ini saya sarankan untuk mengecek terlebih dahulu kecepatan blog anda disini Speed Test. Jangan lupa setelah melakukan ke 4 langkah dibawah ini Anda cek kembali kecepatn loading blog Anda, apakah ada perubahan atau tidak. Baiklah langsung saja, hal yang perlu Anda lakukan untuk mempercepat loading blog Anda adalah sebagai berikut :

1. Artikel
Jumlah artikel yang berada pada home page sangat berpengaruh terhadap kecepatan blog, jika suatu blog menampilkan lebih dari 10 artikel maka akan sangat berat untuk meload blog tersebut sehingga akan menyebabkan loading blog kita menjadi lama. Apalagi jika suatu blog tidak menggunakan Read More pada home page ini akan lebih buruk lagi. Jadi sebaiknya Anda harus mengurangi artikel pada home page dan Memasang Read More Pada Blog.

2. Javascript
Seperti yang saya sudah jelaskan diatas bahwa dengan penggunaan javascript telalu banyak akan mempengaruhi terhadap kecepatan blog kita, dan alangkah baiknya Anda tidak perlu memasang javascript yang tidak begitu penting. Jika ingin menggunakan javascript silahkan Anda gunakan javascript untuk mempercepat loading blog Anda dengan jQuery Lazy Load Plugin. Penggunaan javascript ini lebih baik di taruh di paling bawah misalnya sebelum code </body> agar meload beberapa kode html dulu sehingga tampil bentuk blog kita lalu sesudah itu baru loading pada javascript yang di gunakan.

3. Gambar
Jika suatu blog menggunakan gambar terlalu berlebihan maka akan memperlambat loading blog, ukuran maksimal gambar 100kb dan itu pun masih saya anggap terlalu besar, silahkan Anda compress dulu gambar tersebut sebelum Anda posting. Silahkan Anda baca artikel mengenai Cara Mudah Compress Gambar. Lalu hindari postingan yang menggunakan gambar file PNG dan GIF karena itu semua memerlukan ukuran file yang cukup besar, jadi saya sarankan untuk menggunakan file JPG atau JPEG.

4. Template
Template sangat berpengaruh, jika Anda menggunakan template yang bertema Game, Animasi, ataupun Kartun, tentu saja itu akan mempengaruhi kecepatan blog Anda, karena dengan menggunakan template tersebut di butuhkan desain yang menarik dan membutuhkan widget-widget lainnya sehingga akan memperlambat loading blog Anda. Maka dari itu saya sarankan agar Anda menggunakan Template SEO Friendly Fast Loading, selain cepat dengan menggunakan template SEO Friendly Anda akan di sukai oleh search engine. Karena template seo friendly mempunyai beberapa keunggulan, silahkan baca mengenai Keunggulan Menggunakan Template SEO Friendly.

Sekian artikel mengenai Langkah Awal Mempercepat Loading Blog. Kurang lebihnya mohon maaf.
Semoga Bermanfaat...

Langkah Awal Mempercepat Loading Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown