Semua Tentang Tips & Trik

Friday, October 4, 2013

Pemanfaatan, Pengolahan, Dan Pengelolaan Limbah

Sebarkan Artikel di :

Pemanfaatan, Pengolahan, Dan Pengelolaan Limbah
Pada kesempatan kali ini Blogspot ID akan share artikel tentang Belajar IPA. Semoga dengan menambahkan label ini akan ada manfaatnya walaupun sedikit, dan bisa sedikit membantu kalian semua dalam proses pembelajaran. Blogspot ID akan share artikel yang berjudul Pemanfaatan, Pengolahan, Dan Pengelolaan Limbah. Langsung saja lihat materinya dibawah ini :


Baca dulu artikel sebelumnya yaitu :
Pengertian, Karateristik, Dan Jenis - Jenis Limbah

D. Pengelolaan Limbah
1. Pemanfaatan Limbah
Tidak semua limbah merupakan sampah yang tidak dapat dimanfaatkan kembali. Usaha yang dapat kita lakukkan untuk mengurangi jumlah limbah yang banyak, salah satunya yaitu dengan menerapkan program 3R yaitu reduce, reuse, recycle.
a. Reduce
Reduce artinya mengurangi atau mereduksi sampah yang akan terbentuk, memakai barang-barang dengan efesien sehingga mengurangi jumlah sampah yang dibuang.
b. Reuse
Reuse artinya penggunaan kembali sampah-sampah yang masih dan dapat dimanfaatkan tanpa dilakukan pengolahan khusus.
c. Recycle
Recycle artinya daur ulang atau penggunaan kembali limbah yang masih dapat dimanfaatkan, tetapi harus diberikan pengolahan tertentu sehingga hasil akhrinya menjadi barang yang berbeda dengan fungsi yang sama atau berbeda.

2. Pengolahan Limbah
a. Pengilahan limbah rumah tangga
Limbah rumah tangga dapat dibedakan menjadi 3 jenis. Yang pertama berupa sampah, kemudian ada air buangan yang dihasilkan dari kegiatan mandi dan mencuci, yang terakhir adalah kotoran yang dihasilkan manusia. Limba-limbah ini jika tidak dikelola dengan baik berpotensi tinggi mencemari lingkungan sekitar.
1) Pemanfaatan sampah organik
2) Pemanfaatan grey water
b. Pengolahan limbah cair
Tujuan utama pengolahan air limbah ialah untuk menurai kandungan bahan pencemar di dalam air terutama senyawa organik, padatan tersuspensi, mikroba patogen, dan senyawa organik yang tidak dapat diuraikan oleh mikrooraganisme yang terdapat di alam.
Beberapa cara sederhana pengolahan air buangan antara lain sebagai berikut.
1) Pengenceran (dilution)
2) Kolam oksidasi (oxidation ponds)
3) Irigasi
c. Pengolahan limbah padat
Limbah padat adalah hasil buangan industri berupa padatan, lumpur, bubur yang berasal dari sisa proses pengolahan.
Perlakukan limbah padat yang tidak mempunyai nilai ekonomis sebagian besar dilakukan sebagai berikut :
1) Ditumpuk pada areal tertentu
2) Pembakaran
3) Pembuangan
d. Pengolahan limbah lainnya
1) Limbah yang berasal dari pabrik pengolahan daging yang berupa limbah tulang, limbah tulang memiliki sifat kimia yaitu kaya akan protein dan mineral.
2) Limbah yang berasal dari industri tahu dan tempe dapat dimanfaatkan untuk diolah menjadi kerupuk ampas tahu, kembang tahu, stik tahu, dan dengan proses fermentasi dapat dihasilkan nata de soya dan kecap ampas tahu.
3) Limbah kelapa, bagian dari tanaman kelapa yang dimanfaatkan adalah buah kelapa. Buah kelapa memiliki empat komponen, yaitu : sabut atau kulit kelapa 35%, tempurung atau batok kelapa 12%, daging atau buah kelapa 28%, dan air kelapa 25%.
4) Limbah rumah makan, rumah makan menghasilkan limbah berupa sampah dari dapur yaitu sisa/bagian sayuran yang tidak dimasak dan harus di buang seperti tongkol jagung, tangkai sayuran dan lain sebagainya.
5) Limbah organik, limbah organik kebnayakan digunakan sebagai pupuk kompos, selain itu limbah organik bisa juga dimanfaatkan sebegai makanan.

3. Pengolahan Sampah
a. Pemilahan sampah
Di Indonesia kurang disosialisasikan tentang pengelompokan limbah, yaitu antara limbah organik dan limbah anorganik. Pembuangan sampah yang tercampur merusak dan mengurangi nilai material yang masih bisa dimanfaatkan lagi.
b. Pembuangan sampah
Sistem ini yang paling umum digunakan, yaitu dengan membuang sampah ke Tempat Pembuangan Akhir ( TPA)
c. Penimbunan sampah
Pengolahan sampah dengan metode penimbunan sudah umum diterapkan. Pada dasarnya ada dua cara penimbunan sampah, yaitu metode penimbunan terbuka (open dumping) dan metode sanitary landfill.

Sekian postingan mengenai Pemanfaatan, Pengolahan, Dan Pengelolaan Limbah. Kurang lebihnya mohon maaf.
Smoga Bermanfaat...

Pemanfaatan, Pengolahan, Dan Pengelolaan Limbah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ficri Pebriyana